PERLIHATKAN KEPADA MEREKA HAL YANG SEKARANG SEDANG DILAKUKAN

PERLIHATKAN KEPADA MEREKA HAL YANG SEKARANG SEDANG DILAKUKAN

PERLIHATKAN KEPADA MEREKA HAL YANG SEKARANG SEDANG DILAKUKAN

Di kelas, terhadap mahasiswa, saya terus-menerus membicarakan sesuatu, yaitu “semangat” yang telah di bangunkan dari tidurnya, kini, kembali tertidur kemudian pergi menghilang entah kemana. Cara untuk membuatnya tetap terbangun ialah dengan terus-menerus diberi rangsangan. Ada satu cara untuk membuatnya tetap terbangun.

            Perlu dipahami, sebenarnya untuk apa hal yang sekarang ini sedang dilakukan? Apa manfaatnya bagi diri sendiri?

            Belajar sekadar belajar, dan latihan sekadar latihan, tanpa diresapi, akan tak berguna. Pada akhirnya, semua dilakukan demi kehidupan pribadi yang sebenarnya. Berikut ini adalah penjelasan untuk mempersiapkan hal itu.

            Bagaimana cara mengaplikasikan isi pekuliahan yang sekarang sedang dijalani? Dimana kaitannya dengan penelitian akhir? Atau, adakah hal yang lebih penting selain berbagai hal yang sekarang sedang dipelajari? Lalu, bagaimana cara mengembangkan kemampuan yang dimiliki ? meneruskan percakapan yang belum selesai di sela-sela perkuliahan.

            Misalnya saja gambar 3D ysng dilihat dalam mesin game play station, atau alunan melodi yang di pakai di telepon seluler. Semua hal itu merupakan gratis perpanjangan mata kuliah digital circuit yang sering saya temukan selama saya sedang memberikan perkuliahan.

            Berbagai hal tadi dengan mudahnya diajarkan sebagai pengetahuan, tetapi tak berhubungan dengan saat terjun di masyarakat atau di lapangan.

            Oleh karena itu, mengapa pula hal itu dipelajari, padahal tidak meningkatkan minat, juga tidak menimbulkan rasa senang pada perkuliahan. Akan tetapi, jika hal yang dipe;ajari akhir-akhir ini tidak berkaitan dengan kehidupan keseharian, ada kemungkinan berkembang terus. Dengan ini semua, orang seakan sedang memeluk mimpi dan harapannya.

            Kalau sudah begitu, motivasi mereka menjadi teguh. Dengan kata lain, hal itulah yang menjadi tujuan mereka. Hal itu menjadi tujuan nyata dalam kehidupan pribadi mereka.

            Berkali-kali saya mengungkapkan bahwa ilmu pengetahuan mengalami kegagalan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, justru karena ada kegagalanlah terjadi perkembangan untuk mengatasi kegagalan tersebut.

            “jika takut kegagalan, maka takkan menghasilkan apapun.”

            Saya menambah pepatah demikian saat saya mengatakan bahwa perkuliahan dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris.

            Dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, banyak contoh membuktikan bahwa di setiap kegagalan pasti ada hikmahnya. Dengan tidak takut kegagalan, sering kali kita mendapatkan sesuatu. Mungkin juga yang tidak terduga datang dari bidang yang berlainan dan seandainya masih juga gagal, jika mau terus-menerus mencoba, akhirnya keberhasilan dapat di raih.

Sumber : https://fascinasiansblog.com/