Komunitas GenBI UIN Bandung Soroti Revolusi Industri 4.0

Komunitas GenBI UIN Bandung Soroti Revolusi Industri 4.0

Komunitas GenBI UIN Bandung Soroti Revolusi Industri 4.0

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menyoroti

sikap pemuda dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 di masa depan. Kegiatan yang bertajuk Seminar dan Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia ini secara penuh didukung oleh Bank Indonesia, serta digelar di Aula Anwar Musaddad UIN Bandung, Senin, (05/03/19).

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia, Imaduddin Sahabat memaparkan bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 diperlukan berbagai disiplin ilmu. Sehingga, revolusi ini tidak melahirkan sifat deskruktif dan revolusi industri seharusnya dipelajari dengan baik. “Terutama dalam pelajaran seperti, matematika, sains dan artificial intelligence,” paparnya saat menyampaikan materi seminar.

Selain itu pemateri lainnya, yang merupakan Business Digital Consultant Anthon Budyana r

evolusi industri 4.0 sangat dibutuhkan anak muda yang memiliki banyak kemampuan. Diantaranya kemampuan complex problem solving  dalam memecahkan masalah serta memberi solusi, social skilluntuk melakukan koordinasi, negosiasi, dan persuasi.

“Bahkan process skillsystem skill  diperlukan juga untuk melakukan judgement dan keputusan mengenai keberlangsungan suatu sistem, dancognitive abilities,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anton menuturkan terdapat 3 kunci untuk menghadapi revolusi industri 4.0

di masa depan. Kunci tersebut adalah critical thinkingdimana setiap individu dituntut harus berpikir secara kritis, Creativity menjadi pribadi yang kreatif dan Colaboration yang artinya memperbanyak relasi dengan berbagai orang.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/