Kirim 5 Delegasi, Kontingen Indonesia Optimis Rebut Medali Emas

Kirim 5 Delegasi, Kontingen Indonesia Optimis Rebut Medali Emas

Kirim 5 Delegasi, Kontingen Indonesia Optimis Rebut Medali Emas

Indonesia kembali mengirim tim terbaiknya dalam Olimpiade Fisika Internasional

(International Physics Olympiad/IPhO) 2018. Ajang ini berlangsung 21 Juli hingga 29 Juli 2018 di Lisbon, Portugal.

Tim Mentor Kontingen Indonesia, Syamsu Rosid mengatakan, dalam kompetisi yang diikuti 94 negara tersebut, Indonesia mengirim lima siswa. Mereka berasal dari 5 provinsi yang berbeda. Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur.

Kelimanya adalah Ahmad Aufar Thoriq (SMA Semesta BBS Semarang),

Bryant Juspi (SMA Darma Yudha Pekanbaru), Jason Jovi Brata (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), Johanes (SMAK Frateran Surabaya), serta Raditya Adhidarma (SMAN 1 Jogjakarta).

“Mereka sudah diseleksi dari sekitar 15000 siswa. Mulai di tingkat kabupaten/kota, sampai tingkat nasional,” ujar Syamsu melalui siaran persnya di Jakarta, Kamis (12/7).

Pasca terpilih, para siswa kemudian diberkan pembinaan dalam bentuk training

camp di Yogyakarta, Bandung dan Depok

“Mereka telah dibina secara intensif oleh tim dosen dari UI, ITB dan UGM. Selain mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi UAN, SBMPTN dan/atau Ulangan Umum,” jelas dia.

Mereka juga telah diberikan pemahaman konsep-konsep fisika yang lebih mendalam dan lebih advance. Termasuk membiasakan mereka dalam pemecahan masalah-masalah fisika selama pembinaan.

Syamsu optimis bahwa tim yang dibawanya mampu mempertahankan tradisi emas. “Insya Allah, mohon dukungan doa semua,” pungkas dia.

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/