FKKS Banten Minta DPRD Desak Gubernur segera Terbitkan Pergub

FKKS Banten Minta DPRD Desak Gubernur segera Terbitkan Pergub

FKKS Banten Minta DPRD Desak Gubernur segera Terbitkan Pergub

Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) se-Provinsi Banten meminta DPRD Banten

untuk mendesak Gubernur Banten Wahidin Halim untuk segera menerbitkan peraturan gubernur (pergub) yang mengatur peran serta masyarakat dan orangtua siswa SMA/SMK sebelum menerapkan program pendidikan gratis.

Ketua FKKS Kabupaten Tangerang sekaligus Koordinator FKKS Banten Nurhipalah mengatakan, sejumlah perwakilan FKKS di kabupaten/kota mengaku serba salah dengan program pendidikan gratis yang digagas gubernur. Hal itu, lantaran tidak ada penjelasan teknis terkait pelaksanaannya di lapangan.

“Program pendidikan gratis di SMA/SMK negeri masih belum jelas, mana-mana saja

yang gratis dan yang tidak,” kata Nurhipalah usai audiensi dengan Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah di Gedung DPRD Banten, Senin (30/7/2018).

Ia meminta DPRD Banten segera mendorong gubernur untuk segera menerbitkan pergub yang mengatur secara rinci program tersebut, agar komite sekolah bisa melakukan pungutan iuran kepada siswa dalam menunjang pelaksanaan pendidikan agar bisa terus berjalan.

“Melihat kondisi anggaran pendidikan yang ada saat ini masih kurang memadai, sehingga sejumlah program pendidikan yang ada terkesan stagnan karena kurang anggaran,” ucap Nurhipalah.

Dikatakannya, kebijakan gubernur tersebut membingungkan komite sekolah. Di satu sisi, saat ini,

pemerintah terus berusaha untuk menggratiskan biaya pendidikan. Tapi pada sisi lain, ketersediaan anggaran untuk pelaksanaannya belum memadai.

“Untuk itulah perlu dibuatkannya sebuah aturan baru berupa pergub yang mengatur secara rinci apa saja yang dimaksudkan dengan kata gratis dan yang tidak. Hal itu melihat kondisi keuangan yang ada saat ini agar pendidikan bisa terus berjalan,” tandas dia

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/