Festival Indonesia di Moskow Ubah Citra Dua Negara

Festival Indonesia di Moskow Ubah Citra Dua Negara

Festival Indonesia di Moskow Ubah Citra Dua Negara

KBRI hari ini menggelar Festival Indonesia di Moskow, Rusia

Dubes Indonesia untuk Rusia Mohamad Wahid mengatakan festival ini turut mengubah citra kedua negara di benak masyarakat masing-masing.

“Sebelumnya, Indonesia itu menganggap Rusia masih Soviet yang tertutup dan orang Rusia menganggap Indonesia masih seperti zaman Sukarno yang belum maju,” kata Wahid di Krasnaya Presnya Park, Moskow, Rusia, Jumat (2/8/2019).

Wahid mengatakan, sejak Festival Indonesia digelar, citra kedua negara itu berubah. Masyarakat Indonesia dan masyarakat Rusia lebih memahami kedua negara dibanding sebelumnya.

Semenjak 4 tahun lalu digelar

keterbukaan informasi hingga kerjasama antara Rusia dengan Indonesia semakin tinggi. Karena itu, citra kurang baik yang menempel pun terkikis,” ujarnya.

Bahkan, kata Wahid, pemerintah Rusia, khususnya Wali Kota Moskow, juga mulai mendukung penuh festival yang juga mencuri perhatian warganya ini. Salah satunya menggratiskan tempat untuk pergelaran Festival Indonesia.

“Wali Kota Moskow juga memasang iklan Festival Indonesia di jalur Metro. Ini kan tidak ternilai,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Deputy Minister for External Economic and International Relation Government of Moscow Ilya Kuzmin. Kuzmin mengatakan, sejak digelarnya Festival Indonesia, hubungan RI dengan Rusia semakin dekat.

“Masyarakat kedua negara menjadi lebih dekat dan pemahamannya lebih tinggi. Kami berharap hubungan ini akan lebih ditingkatkan lagi dan tahun depan antusias warga Rusia juga semakin tinggi,” kata Kuzmin.


Baca Artikel Lainnya: