Disdik Tambah Lima USB

Disdik Tambah Lima USB

Disdik Tambah Lima USB

 Dinas Pendidikan Kota Bekasi akan menambah lima Unit Sekolah Baru

(USB) tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) diwilayahnya. Hal itu menyusul tingginya animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya yang lulus ke SMP Negeri di Kota Bekasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan, hanya 25 persen lulusan Sekolah Dasar (SD) yang masuk ke SMPN di Kota Bekasi. Angka tersebut belum mencapai target Disdik Kota Bekasi yang mencapai 70 persen.

Ia menjelaskan, ada beberapa SD Negeri yang akan dimerger. Saat ini, sekolah tersebut sudah dalam tahap verifikasi.

“Ada banyak SD Negeri berpotensi dimerger, tapi sekarang masih proses verifikasi.

Setelah proses verifikasi  merger, barulah akan kita tempatkan untuk SMPN Kota Bekasi yang ke 50 sampai 54. ” katanya kepada Radar Bekasi, Selasa (4/9).

Dirinya menjelaskan, merger sekolah dasar merupakan langkah yang tepat untuk menambah jumlah SMP Negeri.  “Kalau membangun baru, kesulitannya ada di lahan, karena lahan yang tersedia di Kota Bekasi sangatlah terbatas, maka dari itu kita hanya bisa memerger sekolah SD yang memang siswanya sedikit,” ujarnya.

Berkaca pada pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) daring tahun ini

, jumlah pendaftar ke SMP Negeri mencapai 25 ribu orang dari total kelulusan mencapai 40 ribu. Padahal, daya tampung di sekolah negeri hanya 14.945.

Artinya, hampir 10 ribu lulusan lebih tidak dapat ditampung, dan harus ke sekolah swasta.“Kami masih membutuhkan sekolah negeri, secara bertahap akan ditambah setiap tahunnya sampai saat ini masih kita lakukan langkah-langkah penambahan SMP Negeri di Kota Bekasi,” pungkasnya

 

Baca Juga :