Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Upayakan Target Kelulusan Maksimal SLTP dan SLTA

Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Upayakan Target Kelulusan Maksimal SLTP dan SLTA

Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Upayakan Target Kelulusan Maksimal SLTP dan SLTA

Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, siap melaksanakan UN 2016. Kepala Bidang SLTP

/ SLTA Murniati Kudus menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang mengupayakan siswa yang mengikuti Ujian Nasional yang akan berlangsung nantinya bisa lulus secara maksimal dan berkualiatas.”Kita mengupayakan siswa yang lulus bukan hanya dari segi kuantitas, namun juga dari kualitas, oleh karna itu kita selalu menjalin komunikasi dengan seluruh pihak seperti kepala sekolah untuk mengupayakan agar kita bisa meraih hasil yang maksimal,” ujarnya saat ditemui di ruang kerja Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang.

Ditemui dalam kesempatan terpisah, Kamis (24/3/2016), Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Padang Panjang Devi Herianti yang juga hadir pada waktu itu menyatakan, untuk mengahadapi Ujian Nasional, SMAN 1 Padang Panjang mempunyai program unggulan baik secara akademis maupun spritual, seperti melakukan Try Out, Lalu dengan program MABID (Malam Bina Iman dan Taqwa) dimana siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional dibimbing untuk berserah diri ke Pada Allah SWT.

”Secara akademis, di sekolah murid murid dibina oleh guru untuk diberikan pengayaan

pengayaan seperti membahas soal, kemudian secara spritual kita buat siswa untuk lebih memiliki mental untuk menerima apapun hasil dari Ujian Nasional yang mereka hadapi. Kita bekerja dan berusaha tapi keputusan tetap di tangan Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 5 kota Padang Panjang Muji mengungkapkan untuk menghadapi Ujian Nasional sekolahnya mengadakan belajar tambahan dengan memperbanyak bedah SKL, kemudian mengadakan Try Out yang bukan hanya di lingkungan sekolah, juga di luar lingkungan sekolah, seperti Try Out di Alam terbuka . Setelah itu pihak sekolahnya juga menjalin komunikasi dengan orang tua murid untuk bisa bekerjasama memberikan arahan kepada siswa agar mereka bisa meraih hasil yang maksimal

“Kami juga berkordinasi dengan para orang tua murid untuk saling bekerjasama agar

bisa memberikan motivasi kepada siswa supaya mereka bisa lebih giat dalam belajar untuk menepuh Ujian Nasional ini ,lalu kami juga memberikan arahan untuk meningkatkan disiplin spritual mereka, seperti sholat tepat waktu. Jika mereka bisa kita disiplinkan secara spritual tentunya akan mudah mendisiplinkan mereka secara akademis,” ungkap Muji.

Ujian Nasional untuk siswa SLTA akan berlangsung pada 4 -7 April dan untuk siswa SLTP pada 9 Mei. Pelaksanaan Ujian Nasional bagi siswa SMA, dilakukan dengan tidak menggunakan sistim komputer, hal ini berbeda dengan pelaksanaan Ujian untuk siswa SMKN 2 dan SMKN 1 Padang Panjang yang memakai sistem berbasis Komputer.

“Perbedaan ini karena SMK tersebut lebih siap dengan peralatan komputer yang tersedia di sekolah mereka,” ungkap Kabid SLTP / SLTA Murniati.

Jumlah peserta Ujian Nasional tingkat SLTP dan SLTA kota Padang Panjang pada tahun 2016 ini sebanyak 4055 peserta.Untuk siswa SMP dan MTs sebanyak 1727 orang, kejar Paket B dan C sebanyak 29 orang, siswa SMA dan SMK sebanyak 2299 orang

 

Baca Juga :