Anak Jalanan Harus Kembali ke Sekolah

Anak Jalanan Harus Kembali ke Sekolah

Anak Jalanan Harus Kembali ke Sekolah

Pembahasan mengenai tindak lanjut rencana program KPM Dewi Sartika dalam

pencegahan dan penanggulangan anak jalanan di Jawa Barat digelar di ruangan Malabar, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung (8/3/2019). Rapat koordinasi ini melibatkan berbagai dinas di Jawa Barat diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinak Koperasi dan Usaha Kecil, dan Dinas Tenaga Kerja.

Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Sekertaris Daerah Provinsi Jabar Ida Wahida mengatakan bahwa rapat ini sangat diperlukan untuk menemukan titik temu dalam meningkatkan kesejahteraan anak jalanan. “Maka dari itu seluruh Dinas Provinsi Jawa Barat Harus bersinergi agar bisa mencapai tujuan bersama,” ujarnya.

Beberapa Usulan KPM Dewi Sartika yang dapat disinkronkan dapa ditampung dan diakomodir t

erlebih dahulu oleh beberapa Dinas yang terkait. Sebagai Contoh untuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Usulan KPM Dewi Sartika yang bisa ditampung adalah Sekolah Juara dan Program Anak Jalanan Kembali ke Sekolah.

“Anak jalanan harus bisa kembali ke sekolah melalui program pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus. Dengan beberapa program yang akan dilaksanakan nanti,” tambahnya.

Berbagai program yang sudah masuk masih perlu tahap pembahasan kembali.

Seperti beberapa program jangka panjang atau pendek. Diantaranya pemberian
pendampingan kesehatan, pendampingan kepeda anak-anak yang pernah terjerat kasus eksploitasi video asusila. “Mekanisme pelaksanaan, pencegahan dan penanganan anak jalanan harus ditampung dulu,” katanya.***

 

Baca Juga :