81 Nominasi Siap Berkompetisi dalam Apresiasi Film Indonesia 2016

81 Nominasi Siap Berkompetisi dalam Apresiasi Film Indonesia 2016

81 Nominasi Siap Berkompetisi dalam Apresiasi Film Indonesia 2016

Malam nominasi Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 menetapkan 81 nomine masuk dalam daftar nominasi AFI 2016.

Ke-81 nama yang masuk nominasi AFI 2016 tersebut dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Kategori Penghargaan Utama dan Kategori Penghargaan Khusus. Mereka akan memperebutkan 19 penghargaan atau apresiasi dalam AFI 2016.

Kategori Penghargaan Utama terdiri dari 10 jenis apresiasi, yaitu Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop, Apresiasi Film Panjang Non Bioskop, Apresiasi Film Pendek Kategori Umum, Apresiasi Film Pendek Kategori Pelajar, Apresiasi Film Pendek Kategori Mahasiswa, Apresiasi Film Dokumenter Kategori Umum, Apresiasi Film Dokumenter Kategori Mahasiswa/Pelajar, Apresiasi Film Animasi Kategori Umum, Apresiasi Film Animasi Kategori Pelajar dan Mahasiswa, dan Apresiasi Film Anak.

Kategori Penghargaan Khusus terdiri sembilan jenis apresiasi, yaitu Apresiasi Asosiasi, Apresiasi Lembaga Pendidikan

, Apresiasi Komunitas, Apresiasi Festival Film, Apresiasi Kritik Film, Apresiasi Program Film, Apresiasi Trailer Film, Apresiasi Poster Film, dan Apresiasi Pemerintah Daerah.

Beberapa film yang masuk nominasi AFI 2016 antara lain: Aisyah, Biarkan Kami Bersaudara; Surat Cinta untuk Kartini; Kitorang Basudara; Adit Sopo Jarwo Episode Festival Perahu Kertas; dan Halmahera: Pongana Mo Nyawa. Untuk Apresiasi Pemerintah Daerah, ada tiga provinsi yang masuk nominasi, yaitu DI Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Sumatera Barat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, film Indonesia saat ini sudah mulai bangkit kembali. Salah satunya terbukti pada tahun 2015 dan 2016, yaitu banyak film Indonesia yang disukai masyarakat dan menjadi salah satu tonton yang menjadi pilihan utama, seperti film Surga Yang Tak Dirindukan, Rudy Habibie, dan Ada Apa Dengan Cinta 2.

“Hal ini menunjukkan bahwa film kita mulai mampu menunjukkan ide dan gagasan yang menarik sehingga

diakui keberadaannya dengan dukungan kemajuan teknologi di bidang perfilman, perlengkapan produksi dan pascaproduksi, serta keterampilan para insan film,” ujar Mendikbud saat acara Malam Nominasi AFI 2016 di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (23/9/2016).

Ia menuturkan, semua itu merupakan potensi yang sangat luar biasa sehingga dengan kemampuan yang ada, insan perfilman tinggal mengoptimalkan kreativitas dan inovasi, sehingga perfilman Indonesia dapat di perhitungkan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi mengatakan, Apresiasi Film Indonesia diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas film Indonesia, meningkatkan kesadaran akan menonton film Indonesia, dan sebagai bentuk apresiasi bagi perfilman Indonesia. Malam puncak sekaligus penganugerahan AFI 2016 akan digelar Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud pada 8 Oktober 2016 di Manado, Sulawesi Utara. Malam Penganugerahan AFI 2016 diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. (Erika Hutapea/Desliana Maulipaksi)

 

Sumber :

https://www.ayoksinau.com/